Thursday, June 9, 2011

Mozilla Luncurkan Browser Firefox Terbarunya

Thursday, June 9, 2011




Beberapa minggu setelah merilis Firefox 4 versi final, kini mozilla meluncurkan Firefox versi terbarunya, yaitu : Firefox 5 Beta, Firefox 6 Aurora dan Firefox 7 Nightly.


Sebenarnya sangat sedikit perberbedaan antara Firefox yang baru (Firefox 5 Beta, Aurora dan Nightly) dengan versi sebelumnya, Firefox 4. Dan yang paling terlihat hanya pada Logo dan Iconnya. Namun pada versi terbaru, Firefox menawarkan fitur baru berupa Channel Switcher yang memungkinkan pengguna beralih dari versi pengembangan ke versi yang lebih stabil melalui dialox box pada menu Help.

Di Firefox yang baru ini ada beberapa fitur baru yang telah dikembangkan:
  • Data Management Windows yang memungkinkan anda untuk mengatur akses data privacy anda oleh website-website yang anda kunjungi. Misalnya saja cookies, password, lokasi,dll.
  • Memiliki add-ons manager yang dilengkapi dengan fitur plugin check untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesesuaian semua plugin yang terinstall.  
  • Panorama Groups on Demand, yang akan meningkatkan kecepatan startup dari browser.


Web developer juga akan menjadi lebih mudah saat membangun aplikasi web karena Firefox yang baru sudah mendukung HTML5, DOM level 3, server-sent events, networking technology dan tool-tol lainnya. Firefox juga menampilkan tombol Feedback yang terdapat di sebelah kanan atas dan didesain untuk mendorong pengguna melaporkan bug sekaligus memberikan opini mereka atas pengembangan versi browser tersebut. Pihak Mozilla sendiri akan mengintegerasikan PDF Viewer ke dalam Firefox layaknya Google Chrome.

ChristianLegnitto yang menjabat sebagai manajer rilis Mozilla telah mencatat tentang perlu adanya tambahan Aurora selain Nightly, Beta, dan Release. Dan menurut publikasi yang dilansir Hentzschel Søren, rilis pengujian Firefox Nightly dan Aurora tampaknya akan menampilkan elemen-elemen identitas visual yang baru, khususnya logo yang lebih fresh. Logo baru tersebut tentunya berkaitan dengan perbaikan atas desain Minefield saat ini, dan sulit dipastikan apakah logo Firefox resminya juga akan dirancang ulang pada rilis berikutnya. Sejauh ini belum ada indikasi kalau Mozilla berencana untuk memperkenalkan pembaharuan logo Firefox yang ada.




Berikut penjelasan Legnitto tentang channel-channel Mozilla pasca keberadaan Firefox 4.0 : 

  • Nighly, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-central, Update setiap malam hari. Tidak ada kualifikasi yang dilakukan oleh QA (Quality Assurance – Tim penguji versi baru firefox).
  • Aurora, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-aurora, yang diselaraskan dari mozilla-central, update setiap 6 minggu.
  • Beta, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-beta repositori, yang dikualifikasikan oleh QA sebagai kualitas yang cukup untuk dilepas ke para pengguna beta. 
  • Release, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-release, yang dikualifikasikan oleh QA sebagai kualitas yang cukup untuk dilepas secara umum ke ratusan juta orang. 




 


0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung Yang Baik Adalah Pengunjung yang Berkomentar Dengan Kata-kata Yang Baik Dan Sopan...

Terima Kasih Telah Berkunjung.... ^_^

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More